Sabtu, 05 Juni 2010

Perkembangan Ubuntu pada linux

• 4.10 Warty Warthog
Warty Warthog adalah rilis pertama Ubuntu. Empat melambangkan tahun rilis yakni 2004, sepuluh berarti bulan Oktober. Tampilan desktopnya didominasi warna gelap, oranye dan cokelat yang merupakan simbol dari suku- suku di Afrika Selatan. Satu hal yang membuat Ubuntu memimpin dari awal adalah adanya Live CD, dengan Live CD ini memungkinkan calon pengguna potensial mencoba Ubuntu terlebih dahulu tanpa perlu menginstallnya, suatu hal yang distribusi lain tidak tawarkan untuk pengguna desktop.
• 5.04 Hoary Hedgehog
Enam bulan kemudian, hadirlah Hoary Hedgehog.Warna desktopnya sedikit berubah namun tetap bernuansa gelap. Live CD disempurnakan dengan hadirnya Live CD untuk 64 bit dan Power PC.Pada April2005, Ubuntu telah mencapai kedewasaan dan melahirkan distribusi baru yang disebut Kubuntu.Distribusi ini dibangun berbasis Ubuntu namun tidak menggunakan GNOME sebagai tampilan desktop melainkan memakai KDE.
• 5.10 Breezy Badger Pada rilis ini, Ubuntu telah memperoleh penerimaan yang luas di komunitas Linux.Kehadiran Breezy ditandai dengan lahirnya Edubuntu, distribusi Linux ke tiga yang diperuntukkan untuk pendidikan. Hadir juga dukungan server untuk Ubuntu. Bukan untuk mengalahkan, distribusi Kubuntu mengganti pengelola paket Kynaptic dengan Adept dan menjadi yang pertama kali menggunakan devtag untuk mempermudah pencarian aplikasi. Dukungan KDE Bluetooth juga ditambahkan pada rilis ini.
• 6.06 Dapper Drake
Dapper menjadi rilis pertama yang telat dari jadwal rilis setengah tahun-an yang seharusnya jatuh bulan April.Hal ini terjadi karena Mark Shuttle worth (pendiri Ubuntu) memperpanjang waktu pengembangannya. Rilis ini menjadi rilis pertama yang menambahkan LTS - Long Term Support / Support Jangka Panjang - untuk Ubuntu.Versi Desktop diberikan dukungan hingga tiga tahun, dan versi server lima tahun.Hal baru lainnya dan pertama diterapkan adalah fungsi Live CD yang sekaligus sebagai CD Installer.Ketika dalam Live CD (kini disebut Desktop CD )pengguna dapat mengklik icon installer untuk me nginstall Ubuntu dengan mudah . Pengguna tidak hanya dapat menginstall Ubuntu ke harddisk , tapi juga ke perangkat USB. Beberapa perbaikan penting diantaranya waktu startup yang lebih cepat, shutdown dengan tampilan grafis,perkakas upgrade yang baru dan kemampuan memainkan video yang lebih baik .Seting jaringan juga lebih mudah dengan Network Manager.Rilis ini juga memasukkan Open Office 2.0.2. Merasa tidak cukup, keluarga Ubuntu bertambah lagi.Ketimbang menggunakan GNOM E atau KDE, Xubuntu menggunakan Xfce untuk desktopnya.Ringan di kebutuhan, Xubuntu sangat cocok untuk desktop lama ataupun laptop.
• 6.10 Edgy Eft
Dengan waktu startup dan shutdown yang lebih cepat serta integrasi dari Tom Boy dan F-Spot, Ubuntu Edgy menjadi batu loncatan kecil antara Dapper dan rilis Feisty Fawn 7.04 berikutnya. Kreasi seni dalam Ubuntu menjadi lebih ringan dan lebih sedap dipandang mata.Kubuntu menambahkan aplikasi manajemen foto,digiKam ;mendesain ulang panel System Setting;dan menambahkan dukungan untuk tombol laptop dan manajemen sumber daya.
• 7.04 Feisty Fawn
Rilis Ubuntu kali ini menghadirkan beragam fiturbaru termasuk diantaranya cara baru untuk menginstall codec multimedia dan driver binari, improvisasi jaringan dan tentu saja bantuan migrasi Windows yang lebih mudah dan sebagainya
• 7.10 Gutsy Gibbon
Tanggal 12 april 2007 kemarin Mark Shuttleworth, memperkenalkan nama baru untuk Ubuntu 7.10 penerus Ubuntu 7.04 Feisty Fawn - dengan nama Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon. Versi 7.10 ini nantinya adalah versi Ubuntu non-LTS, alias tidak akan memiliki support jangka panjang seperti Ubuntu 6.06 yang disupport sampai tahun 2009. Pada versi Gutsy Gibbon ini sedianya akan dibuat dalam 2 rilis. Pada rilis "normal" adalah versi ultra-free, yang didalamnya hanya terdiri dari aplikasi yang murni free sesuai kaidah free software. Versi ini akan dikembangkan bersama - sama dengan tim dari Free Software Foundation yang sebelumnya telah membuat distro gNewSense.
Sementara pada rilis lainnya, Mark Shuttleworth berharap Ubuntu akan memiliki dukungan terhadap Composite secara default. Untuk informasi Composite adalah nama baru penggabungan dari desktop 3D Berly dan Compiz. Mark Shuttleworth melihat tampilan GUI yang transparan, lunak dan memiliki dimensi ekstra akan menjadi kesempatan nyata bagi komunitas free software untuk mengambil alih kepemimpinan dalam bidang inovasi desktop.

(URL: http://myadhit.co.cc/2008/10/17/hacking-livecd-ubuntu/, 5 Juni 2009)

0 comments:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes